Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme tubuh seseorang berbeda kecepatannya tergantung berbagai faktor. Berikut ini adalah cara meningkatkan metabolisme tubuh.


Bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh?

Metabolisme adalah proses di mana tubuh seseorang mengubah apa yang ia makan dan minum menjadi energi. Bahkan saat tubuh beristirahat, seseorang masih menggunakan energi untuk fungsi dasar seperti bernapas, mengedarkan darah, dan memperbaiki sel. 

Energi yang digunakan tubuh untuk fungsi-fungsi dasar ini disebut tingkat metabolisme basal. Kecepatan metabolisme tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia, jenis kelamin, lemak tubuh, massa otot, tingkat aktivitas, dan genetika.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh: 

Makan pada waktu yang teratur

Makan pada waktu yang teratur dapat membantu seseorang meningkatkan metabolismenya. Tubuh bergantung pada keseimbangan dan keteraturan. Untuk membantu menjaga keseimbangan metabolisme, bisa dengan makan pada waktu yang konsisten.

Jika tidak, jika seseorang makan banyak, kemudian tidak makan dalam waktu lama, tubuh dapat membakar kalori lebih lambat dan menyimpan lebih banyak sel lemak. 

Dengan makan pada waktu yang teratur, seseorang dapat mengurangi kecenderungan tersebut. Idealnya, seseorang harus makan beberapa kali dalam porsi kecil atau camilan dengan jarak sekitar 3 atau 4 jam.

Makan cukup kalori

Makan cukup kalori menjadi cara meningkatkan metabolisme tubuh. Banyak orang yang melewatkan makan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Tetapi, hal itu bisa memberi dampak negatif pada metabolisme. 

Selain itu, jika makan makanan yang tidak mengenyangkan juga berefek yang sama. Konsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sedikit dapat menyebabkan metabolisme seseorang melambat sehingga tubuh dapat menghemat energi.

Wanita dewasa membutuhkan antara 1.600 dan 2.400 kalori sehari, tergantung pada tingkat aktivitas fisik mereka. Sementara pria membutuhkan antara 2.000 dan 3.000 kalori sehari.

Minum teh hijau

Sementara penelitian belum membuktikannya secara meyakinkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak.

Sebagai pengganti jus atau minuman manis, teh hijau bisa menjadi alternatif. Meminum teh hijau dapat membantu memastikan bahwa seseorang mendapatkan cukup air di siang hari. Sementara manfaat metabolisme tidak pasti, 1-2 cangkir sehari bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet seimbang.

Baca juga: Dampak buruk kurang tidur

Melakukan latihan ketahanan

Latihan ketahanan dapat meningkatkan metabolisme. Latihan kekuatan membantu membangun otot, yang dapat menjadi cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Tingkat metabolisme pada massa otot lebih tinggi daripada lemak. Itu berarti bahwa massa otot membutuhkan lebih banyak energi untuk dipertahankan.

Seiring bertambahnya usia, tuubuh seseorang secara alami kehilangan otot. Latihan ketahanan secara teratur dapat membantu mengatasi efek ini.

Pelatihan resistensi mungkin melibatkan mengangkat beban. Sementara melakukan latihan yang menggunakan beban tubuh atau band resistensi untuk membangun otot.

Minum air putih yang cukup

Agar tubuh berfungsi dengan baik, tetap terhidrasi sangat penting.Untuk metabolisme yang optimal, air diperlukan. Itu juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan 1,5 liter air ke dalam konsumsi air harian biasa mengurangi berat badan rata-rata dan indeks massa tubuh pada sekelompok wanita kelebihan berat badan berusia 18-23 tahun.

Mengurangi stres

Stres mempengaruhi kadar hormon. Itu dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak kortisol dari biasanya. Kortisol merupakan hormon untuk membantu mengatur nafsu makan seseorang. Pada tahun 2011, peneliti menemukan kadar kortisol abnormal pada orang yang mengalami gangguan makan.

Makan yang tidak teratur, pembatasan pola makan, dan masalah berat badan tertentu, bisa menjadi penyebab pola makan yang tidak sehat. Itu bisa mengganggu metabolisme. Stres juga erat kaitannya dengan kualitas tidur, yang dapat mempengaruhi metabolisme.

Itulah informasi mengenai cara meningkatkan metabolisme tubuh. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa membawa manfaat untuk Anda.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323328

Inilah Beberapa Manfaat Minum Air Dingin

Tinggalkan Balasan