Apa Manfaat Berenang untuk Fisik dan Mental?

Manfaat Berenang untuk Fisik

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh segala usia. Berikut ini adalah manfaat berenang untuk fisik dan mental.


Manfaat berenang untuk fisik dan mental

Seseorang memiliki berenang daripada olahraga lainnya karena berbagai alasan. Ini memberi tubuh latihan menyeluruh dan memiliki banyak keuntungan bagi orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Simak beberapa manfaat berenang berikut ini.

Memberikan latihan seluruh tubuh

Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama. Itu mengharuskan seseorang untuk menggunakan lengan, kaki, batang tubuh, dan perut mereka. Berenang juga dapat:

  • meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh stres
  • meningkatkan kekuatan
  • mengencangkan otot
  • meningkatkan kebugaran
  • membantu mengatur berat badan

Membangun kekuatan kardiovaskular

Kardiovaskular, atau kardio, olahraga melibatkan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Rutinitas latihan menyeluruh, seperti yang menampilkan renang, akan mencakup jenis latihan ini.

Sebuah studi berbeda, dari 2016, menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lima belas pria dewasa yang kelebihan berat badan berpartisipasi dalam penelitian ini, menyelesaikan 8 minggu pelatihan renang dan 4 minggu detraining.

Baca juga: Cara meningkatkan stamina

Sangat cocok untuk segala usia dan tingkat kebugaran

Beberapa jenis olahraga mungkin menantang bagi orang yang baru mengenalnya atau yang merasa sangat tidak fit. Namun, berenang memungkinkan seseorang untuk pergi dengan kecepatan mereka sendiri. Itu dapat mengundang pendatang baru untuk berolahraga.

Seseorang dapat belajar berenang pada usia yang sangat muda. Sebagian besar kolam renang memiliki area khusus untuk pemula dan orang-orang yang lebih suka berenang perlahan.

Mudah pada persendian

Berenang tidak memberikan tekanan berlebih pada persendian seseorang. Jadi, seseorang dengan radang sendi atau cedera sendi mungkin menganggap berenang sebagai olahraga yang cocok. Itu karena daya apung air mengurangi tekanan pada sendi yang menahan beban.

Baik untuk orang yang terluka

Seseorang dengan cedera atau kondisi seperti radang sendi mungkin merasa sulit untuk melakukan olahraga berdampak tinggi. ini menjadi salah satu manfaat berenang untuk fisik.

Orang yang tidak dapat mengambil bagian dalam latihan high impact, high resistance mungkin lebih suka berenang. Itu karena air mendukung otot dengan lembut.

Baik untuk penyandang disabilitas

Memiliki cacat fisik seperti paraplegia dapat membatasi atau menghilangkan beberapa pilihan latihan. Orang dengan cacat fisik mungkin menemukan bahwa berenang adalah latihan yang ideal. Itu karena air memberikan perlawanan dan dukungan.

Artikel terkait: Tips seputar hidup sehat dan gaya hidup

Membantu penderita asma

Selain membangun kekuatan kardiovaskular, berenang dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kontrol pernapasan. Udara lembab kolam renang dalam ruangan juga dapat membantu memperbaiki gejala asma. 

Penting untuk dicatat bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia desinfektan yang digunakan di kolam renang dapat memperburuk gejala kondisi ini.  Bahan kimia ini juga dapat meningkatkan kemungkinan perenang mengembangkan kondisi tersebut.

Meningkatkan gejala multiple sclerosis

Air membuat anggota tubuh tetap apung, sehingga orang dengan multiple sclerosis (MS) dapat mengambil manfaat dari dukungan dan resistensi lembut yang diberikan air.

Sebuah studi 2012 di Spanyol menemukan pengurangan rasa sakit yang signifikan ketika orang dengan MS, berusia 18-75 tahun, mengambil bagian dalam program renang 20 minggu. Para peserta juga melaporkan peningkatan kelelahan dan depresi terkait MS.

Membantu mengelola stres

Olahraga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Latihan aerobik dapat meningkatkan dan menstabilkan suasana hati dan mengurangi ketegangan secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2014 pada tikus menemukan bahwa berenang dapat membantu mengurangi depresi yang disebabkan oleh stres.

Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan 20 pria dewasa muda menemukan bahwa berenang bisa baik untuk jantung.

Peserta dalam penelitian terlibat dalam pelatihan renang intensitas sedang selama 8 minggu. Para peneliti menemukan bahwa pelatihan memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah dan dinding jantung.

Itulah informasi mengenai manfaat berenang untuk fisik dan mental. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324768

 

Tinggalkan Balasan