Ketahui Kandungan Nutrisi pada Mentimun

Kandungan Nutrisi pada Mentimun

Tidak hanya sedap dicocol dengan sambal, mentimun juga kaya nutrisi. Berikut ini kandungan nutrisi pada mentimun.


Mengenal mentimun

Mentimun adalah sayuran taman panjang, ramping, dan hijau yang populer. Secara teknis, mereka adalah buah dari keluarga yang sama dengan semangka dan labu, tetapi kebanyakan orang menganggapnya sebagai sayuran.

Mentimun berasal dari India. Ini memiliki sedikit rasa seperti melon, dan terkadang bisa sedikit pahit. Ada dua jenis utama mentimun, yaitu:

  • Mentimun iris dimakan segar, seringkali dalam salad. Mereka bisa berukuran 12 inci atau lebih dan biasanya memiliki kulit yang halus. Ada varietas “burpless” yang memiliki lebih sedikit senyawa tanaman yang disebut cucurbitacin. Itu memberi mereka rasa yang lebih ringan. Itu mungkin membuat orang yang mengonsumsinya lebih sedikit bersendawa setelah memakannya. Anda mungkin juga mendengar mereka disebut “mentimun tanpa biji” atau “menimun Eropa.”
  • Mentimun acar jauh lebih kecil. Ini merupakan jenis yang digunakan untuk membuat acar. Panjangnya bisa 3-7 inci, dan biasanya memiliki tonjolan atau duri di kulitnya.

Apa saja kandungan nutrisi pada mentimun?

Setengah cangkir irisan mentimun (52g), dengan kulitnya, menyediakan 8 kalori, 0,3g protein, 1,9g karbohidrat, dan 0,1g lemak. Mentimun adalah sumber potasium dan vitamin K dan C yang baik. Informasi nutrisi berikut disediakan oleh USDA.

  • Kalori: 8
  • Lemak: 0.1g
  • Natrium: 1mg
  • Karbohidrat: 1.9g
  • Serat: 0.3g
  • Gula: 0.9g
  • Protein: 0.3g
  • Vitamin K: 8.5mcg
  • Vitamin C: 1.5mg
  • Kalium: 76.4mg

Karbohidrat

Setengah cangkir irisan mentimun memiliki hampir 2 gram karbohidrat dengan 0,3 gram serat. Ada juga 0,9 gram gula alami dalam mentimun. Mentimun memiliki indeks glikemik rendah 15,2 yang berarti tidak mungkin meningkatkan gula darah.

Lemak

Hampir tidak ada lemak dalam mentimun pada 0,1 gram per setengah cangkir irisan. Jumlah kecil yang terutama adalah lemak tak jenuh. Itu yang dianggap sebagai lemak “baik” karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

Protein

Mentimun bukanlah sumber protein yang baik. Kandungan nutrisi pada mentimun hanya menyediakan 0,3 gram protein per porsi. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan asupan protein, seperti jika Anda banyak berolahraga, Anda sebaiknya mengonsumsi mentimun. Itu dibarengi dengan makanan yang lebih tinggi protein, seperti daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Vitamin dan mineral

Mentimun secara alami memiliki kandungan air yang tinggi sehingga konsentrasi nutrisi relatifnya rendah. Meskipun demikian, mereka memang mengandung vitamin K, vitamin C, dan potasium. Mentimun juga memiliki sejumlah kecil kalsium, magnesium, fosfor, dan vitamin A.

Kalori

Setengah cangkir mentimun (52g), dengan kulitnya, hanya menyediakan 8 kalori. Jika Anda makan mentimun utuh yang panjangnya kira-kira 8,25 inci (301g), Anda akan mengonsumsi sekitar 45 kalori. Jadi, sayuran ini cocok untuk diet rendah kalori jika Anda memperhatikan asupan kalori Anda.

Nah, kini Anda tidak perlu ragu mengonsumsi mentimun. Kini sudah terbukti bahwa kandungan nutrisi pada mentimun sangat baik untuk kesehatan. 


Sumber:

https://www.verywellfit.com/cucumber-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4118563

https://www.webmd.com/food-recipes/cucumber-health-benefits

Tinggalkan Balasan