Efek Makan Nasi Berlebihan

Efek Makan Nasi Berlebihan

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Namun, konsumsi nasi berlebih tanpa gizi seimbang bisa menimbulkan efek samping. Inilah efek makan nasi berlebihan.


Apa saja efek makan nasi berlebihan?

Nasi menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh sebagian besar orang. Berikut ini adalah beberapa efek bagi tubuh apabila seseorang konsumsi nasi secara berlebihan.

Nasi tidak kaya nutrisi

Menurut USDA FoodData Central, satu cangkir nasi putih yang dimasak dengan biji-bijian short-grain mengandung 53 gram karbohidrat, 2 gram kalsium, 2,72 gram zat besi, 15 gram magnesium, 4,39 gram protein, dan 242 kalori.

Ada juga sejumlah kecil vitamin seperti folat dan tiamin, serta mineral seperti kalium, fosfor dan zat besi. Sama sekali tidak ada vitamin C, vitamin A atau vitamin D di antara vitamin dalam beras. 

Itu juga sangat sedikit natrium, bahkan dalam beras putih berbutir pendek yang diperkaya. Nasi putih short-grain yang tidak diperkaya mengandung lebih sedikit vitamin dan mineral ini.

Beras memiliki jumlah makronutrien dan mikronutrien penting yang minimal. Makan terlalu banyak nasi dan tidak cukup makanan lain dengan beragam nutrisi bisa membuat seseorang kekurangan nutrisi. 

Diet terutama harus terdiri dari berbagai buah-buahan, sayuran dan protein, tergantung pada status kesehatan dan usia seseorang.

Lakukan Ini Saat Konsumsi Makanan Berminyak!

Kandungan karbohidrat tinggi

Beras mungkin tampak seperti tidak memiliki banyak kalori, tetapi mengandung banyak karbohidrat. Meskipun ada beberapa vitamin dalam beras, tidak ada banyak makronutrien yang penting. 

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan untuk mendapatkan antara 45 persen dan 65 persen asupan kalori harian dari karbohidrat. Untuk seseorang yang mengonsumsi 2.000 kalori sehari, itu berarti antara 900 kalori dan 1300 kalori dari karbohidrat.

Karena kandungan seratnya yang tinggi (4 gram per cangkir untuk nasi putih dan 7 gram per cangkir untuk beras merah), nasi bisa mengenyangkan. Itu membuat Anda tidak memiliki ruang di perut untuk makanan lain. 

Anda juga harus mendapatkan nutrisi lain dari makanan Anda, seperti protein dan lemak, yang hampir tidak ada dalam nasi.

Makan makanan yang sarat dengan buah-buahan, sayuran dan protein penting untuk mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari sangat penting. 

Efek makan nasi berlebihan, Anda mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari buah dan sayuran. Tidak ada cukup vitamin dalam nasi, terutama nasi putih yang tidak diperkaya.

Masalah indeks glikemik

Menurut analisis Januari 2017 yang diterbitkan di BMC Public Health, orang yang terbiasa makan nasi putih setiap hari berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Bahayanya sangat besar untuk nasi putih, dibandingkan dengan nasi merah.

Nasi merah memiliki lebih banyak nutrisi daripada nasi putih, seperti serat makanan, vitamin dan mineral. Namun, beras putih telah terlepas dari dedak dan benihnya selama proses penggilingan. Sehingga telah kehilangan sebagian besar nutrisi ini. 

Meskipun beberapa di antaranya ditambahkan kembali selama proses pengayaan. Nasi putih hampir seluruhnya terdiri dari karbohidrat.

Indeks glikemik, atau GI, adalah ukuran seberapa cepat makanan menyebabkan lonjakan gula darah saat dikonsumsi. Makanan dengan indeks glikemik lebih dari 70 dianggap makanan GI tinggi. 

Menurut Harvard Health, nasi putih memiliki GI sekitar 73, yang artinya bisa menyebabkan kadar gula darah naik secara tiba-tiba saat dimakan.

Ketika hal ini terjadi terlalu sering, seperti saat makan nasi putih setiap hari, dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dan produksi insulin secara negatif, yang mengarah pada risiko diabetes yang lebih tinggi. 

Analisis Januari 2015 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan terlalu banyak nasi juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi oleh setidaknya satu penelitian.

Nasi jarang dimakan sendiri, karena kurang rasa. Biasanya digunakan sebagai pengisi, dan dicampur dengan saus atau mentega. Jika dimakan dengan cara ini, seseorang dapat memperoleh lebih banyak kalori. 

Tidak hanya karena terlalu banyak makan nasi, tetapi juga karena makanan yang menyertai nasi. Sedikit mentega atau saus dapat meningkatkan kalori yang dikonsumsi lebih dari dua kali lipat dari yang Anda harapkan dari secangkir nasi.

Itulah informasi mengenai efek makan nasi berlebihan. Semoga informasi yang kami sajikan bisa menambah wawasan dan ilmu baru untuk Anda.

Suka Makanan Pedas? Dapatkan Manfaatnya!

Tinggalkan Balasan