Tips Menjaga Kesehatan di Musim Panas

Menjaga Kesehatan di Musim Panas

Musim panas yang hangat dapat membawa kegembiraan. Namun, menjaga kesehatan di musim panas penting agar bisa menikmati musim panas.


Menjaga kesehatan di musim panas

Berikut ini adalah langkah-langkah pencegahan dan bersiaplah dengan baik dalam menjaga kesehatan selama musim panas.

Mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Orang dewasa yang lebih tua lebih rentan terhadap sinar UV matahari yang berbahaya, sehingga sangat penting bagi mereka untuk melindungi kulit mereka.

Jika memungkinkan, disarankan untuk menghindari keluar di bawah sinar matahari dan beralih keluar selama bagian hari yang lebih dingin seperti sore atau malam hari.

Gunakan tabir surya dengan setidaknya 40 SPF untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, menggunakan krim anti-gesekan akan membantu melindungi dari kemerahan dan nyeri.

Selain itu, beberapa obat mungkin juga memiliki efek buruk pada bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap paparan sinar matahari yang berlebihan. Jadi, lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter mengenai efek samping dari obat-obatan tertentu.

Baca juga: Inilah Kunci Hidup Sehat yang Perlu Anda Terapkan 

Tetap Terhidrasi

Dehidrasi adalah masalah kesehatan yang umum di kalangan warga lanjut usia, sebagian karena orang dewasa yang lebih tua menjadi kurang menyadari rasa haus mereka seiring bertambahnya usia. Akibatnya, jumlah konsumsi air dalam sehari turun. 

Beberapa mungkin mengalami dehidrasi karena keringat berlebih, diabetes, dan obat-obatan tertentu seperti diuretik. Keadaan dehidrasi bahkan bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan denyut nadi melemah. 

Lindungi Mata 

Melindungi mata merupakan cara menjaga kesehatan di musim panas. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Paparan sinar matahari yang cerah juga merupakan salah satu alasan utama sakit kepala parah. 

Lindungi mata dan penglihatan dengan mengenakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan UV.

Juga, menggunakan masker mata gel pendingin aktif bisa sangat membantu dalam memberikan kelegaan bagi mata setelah hari yang panjang dan melelahkan di bawah sinar matahari.

Lindungi diri dari sengatan panas

Heatstroke adalah masalah besar lain yang dihadapi oleh orang dewasa yang lebih tua selama bulan-bulan musim panas. Alasan utama orang dewasa yang lebih tua lebih rentan terhadap ini adalah kenyataan bahwa tubuh mereka tidak menyesuaikan diri dengan perubahan suhu dengan cepat. 

Gejala umum dari heatstroke adalah demam tinggi, mual, muntah, sakit kepala, dan pusing. Mencelupkan kaki ke dalam air dingin dapat membantu mendinginkan tubuh.

Disarankan untuk segera mendapatkan pertolongan medis jika Anda mengalami atau melihat seseorang menderita heatstroke.

Makan makanan ramah musim panas

Makan makanan kecil dan makan lebih banyak buah dan sayuran akan berarti lebih banyak energi bagi tubuh. Ini akan meningkatkan tingkat energi Anda dan mengurangi kemungkinan Anda terkena serangan panas.

Bawa barang-barang penting saat bepergian

Bawalah barang-barang penting seperti botol air yang terisolasi dengan baik untuk menjaga air tetap dingin dalam waktu lama atau kipas angin portabel untuk membuat Anda tetap segar dan sejuk. Payung pendingin akan sangat membantu melindungi kepala Anda dari paparan sinar matahari.

Ingatlah untuk membawa sapu tangan untuk menyeka keringat dari wajah dan tangan Anda di bawah sinar matahari.

Jaga agar lingkungan tetap sejuk

Gunakan pendingin udara, tirai bambu alami, dan manfaatkan kipas angin untuk memastikan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan di musim panas. Dapatkan berbagai alat kesehatan di Syaf Unica Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.