Cara Menjaga Kesehatan Kaki Agar Bebas Bergerak

Cara Menjaga Kesehatan Kaki

Kaki adalah salah satu bagian tubuh terpenting. Kaki membawa kita ke tempat yang diinginkan, membantu tetap sehat melalui aktivitas fisik, dan memberikan kebebasan bergerak. Untuk itu, simak informasi mengenai cara menjaga kesehatan kaki berikut ini.


Cara menjaga kesehatan kaki

Kesehatan kaki penting bagi semua orang. Sebagian besar dari kita tidak terlalu memikirkan perawatan kaki, tetapi penting untuk mencegah masalah kesehatan kaki agar seluruh tubuh tetap sehat. Kesehatan kaki bahkan lebih penting bagi penderita diabetes.

Tips berikut ini untuk membantu Anda meningkatkan atau menjaga kesehatan kaki dan kebebasan untuk bergerak:

Bersihkan kaki setiap hari dan kenakan kaus kaki yang bersih dan kering

Cuci kaki setiap hari dengan air hangat. Hindari menggunakan air panas atau dingin. Air yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak kulit, terutama pada penderita diabetes yang mengalami penurunan sensasi kulit. 

Gunakan waslap atau spons lembut dan sabun lembut. Kemudian, bilas sampai bersih dan keringkan kaki sepenuhnya sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu.

Saat kaki berkeringat, kelembapan akan tertahan di kulit oleh sebagian besar kaus kaki. Kaus kaki yang diikat atau terlalu ketat di sekitar mata kaki atau betis juga dapat menyebabkan iritasi atau masalah. 

Orang dengan diabetes harus mempertimbangkan kaus kaki khusus yang dirancang dengan bantalan ekstra dan serat yang menyerap kelembapan karena mereka berisiko mengembangkan masalah kaki.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Tetap Jernih

Periksa kaki secara teratur

Cara menjaga kesehatan kaki selanjutnya yaitu dengan memeriksa kaki apakah ada lecet, kemerahan, luka kecil, atau kulit pecah-pecah. Jika tidak dapat melihat bagian bawah kaki, gunakan cermin tangan dengan perbesaran. 

Jika melihat ada masalah, hubungi dokter atau ahli terapi fisik. Jangan pernah mengabaikan masalah dengan kaki. Jika Anda menderita diabetes, periksa kaki Anda setiap hari.

Potong kuku dengan hati-hati dan teratur

Jaga agar kuku tetap rapi, tetapi jangan terlalu pendek. Kuku yang dipotong terlalu pendek bisa tumbuh ke dalam dan menyebabkan rasa sakit atau infeksi. Yang terbaik adalah memotong kuku lurus dan kemudian dengan hati-hati merapikan ujung-ujungnya.

 Jika tidak dapat memotong kuku sendiri, ahli penyakit kaki dapat membantu. Jika menggunakan salon kuku, pastikan untuk memberi tahu mereka agar berhati-hati dan tidak memotong kuku kaki terlalu pendek atau melukai kulit.

Selalu kenakan sepatu yang pas

Sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan lecet yang dapat menyebabkan infeksi atau masalah lain. Pastikan memilih sepatu yang tidak mengiritasi kaki. Kenakan sepatu yang menopang kaki dan pergelangan kaki dengan benar untuk memastikan keamanan saat berjalan.

Terapis fisik dapat membantu memastikan bahwa sepatu Anda pas untuk pemakaian umum atau aktivitas khusus olahraga dan merekomendasikan sepatu atau sisipan sepatu (orthotic) untuk penyangga yang tepat.

Melembabkan kaki di malam hari

Cara menjaga kesehatan kaki selanjutnya yaitu dengan menjaga kulit tetap lembut dan sehat dengan melembabkan setiap malam. Ini dapat membantu mencegah gatal atau pecah-pecah. Hindari menempatkan lotion di antara jari-jari kaki.

Jaga gula darah di bawah kontrol

Diabetes dapat mempengaruhi kaki. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang mengakibatkan hilangnya sensasi kulit. Berkurangnya aliran darah juga dapat mempersulit kaki untuk sembuh dari cedera atau melawan infeksi.

Aktivitas fisik yang teratur dan nutrisi yang tepat adalah kunci untuk mencegah diabetes tipe 2 dan menjaga kadar gula darah yang sesuai. 

Apakah menderita diabetes atau tidak, penting untuk mendapatkan jumlah aktivitas fisik harian yang disarankan untuk mencegah dan mengelola banyak kondisi dan penyakit kronis.

Jika memerlukan bantuan untuk memulai rencana aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah kondisi kronis, atau jika sudah menderita diabetes, terapis fisik dapat membantu. 

Terapis fisik dapat merancang program latihan dan rencana perawatan yang aman dan efektif khusus untuk kebutuhan dan tujuan Anda, dan membantu Anda mengelola masalah terkait diabetes yang memengaruhi kaki dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan kaki yang bisa Anda terapkan. Syaf menyediakan peralatan untuk menjaga kesehatan kaki dan kuku yang bisa Anda beli di website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.